Apa itu Transit Oriented Development ( TOD) dan Kelebihannya?

TOD ialah peruntukan lahan campuran berupa perumahan/apartemen atau perdagangan yang direncanakan untuk memaksimalkan akses angkutan massal & sering ditambahkan kegiatan lain untuk mendorong penggunaan moda angkutan umum. Peruntukan lahan sekitar stasiun BRT/MRT/LRT dikembangkan dengan perbedaan tingkat kepadatan.

Transit Oriented Development atau TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran (mixuse) dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti KRL, Busway/BRT, Kereta api kota (MRT), Kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi jaringan pejalan kaki/sepeda. Oleh karena itu, perjalanan/trip akan didominasi dengan menggunakan angkutan umum yang terhubungkan langsung dengan tujuan perjalanan. Tempat perhentian angkutan umum mempunyai kepadatan yang relatif tinggi dan biasanya dilengkapi dengan fasilitas parkir, khususnya parkir sepeda/motor.

Pengembangan TOD sangat maju dan telah menjadi trend dikota-kota besar khususnya di kawasan kota baru yang besar seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea, Hongkong, Singapura, maupun di Inggris yang memanfaatkan kereta api kota serta beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa.

Pengembangan wilayah berbasis TOD belum banyak dilakukan di perkotaan Indonesia. Salah satu perusahaan BUMN PT. Adhi Karya (Persero) telah mengembangkan hunian vertikal atau Apartemen yang berkonsep TOD yang terhubung langsung dengan stasiun LRT dan akan terintegrasi dengan transportasi massal lainnya seperti KRL, MRT, Busway bahkan BRT. Salah satu Apartemen yang di kembangkan oleh Adhi melalui departemen TOD & Hotel adalah Apartemen LRT Urban Siganture Ciracas, yaitu apartemen yang berdiri diluas lahan 11,5 Ha berkonsep Mix Use dan terdiri dari 3 tipe Studio, 1br, 2 br. Menjadi solusi untuk masyarakat urban dalam berinvestasi maupun mempunyai tempat tinggal yang terhubung langsung dengan transportasi massal yaitu LRT. Apartemen Urban Siganture Ciracas telah sinergi ke-4 faktor, yaitu :
1.    Mixed-use
2.    High Density
3.    Akses Kendaraan Tidak Bermotor
4.    Dekat dengan Stasiun MRT/BRT

Menurut SPV marketing Urban Siganture Ricky Thong, kami telah jual apartemen Urban Siganture dan bagi investor yang ingin beli Apartemen Urban Signature telah bisa dilakukan karena kami telah open pembelian unit sebelum launching dengan hanya memberikan 2 juta rupiah anda telah mengikat harga per meternya dan bisa dilakukan peningkatan booking fee pada saat kami telah melakukan launching. Tanda minat 2 juta ini bisa kembali 100% jika unit atau presentasi pada saat launching tidak mau dilanjutkan, kami garanti untuk ini.

Untuk lebih jelas dan detail informasi yang diperlukan sobat bisa kunjungi tautan ini :

1. Apartemen LRT terbaik investasi 2018

2. Investasi Apartemen menguntungkan

Pages:
Edit